Daftar Jurusan Paling Banyak Dicari 2020, Lengkap dengan Pilihan Kampus

1081

Persaingan dan tuntutan kebutuhan atas kompetensi kerja yang sesuai di era revolusi industri 4.0 kini kian ketat. Untuk bisa terus bertahan, kamu perlu memilih jurusan kuliah yang tepat.

Disrupsi teknologi, perubahan iklim, robotika, keterbatasan sumber daya alam, energi terbarukan, sharing economy dan pengolahanan data menjadi tantangan sekaligus peluang cara orang bekerja hari ini dan karier di masa depan.

Dilansir dari laman resmi QS World University Rankings, jurusan yang paling banyak dicari tahun 2020 yaitu Teknologi Informasi; Akuntansi, Bisnis, dan Matematika; Ilmu Kesehatan dan Psikologi; Desain Komunikasi dan Media; Teknik, Hukum, dan Guru.

Lalu, di manakah kampus-kampus yang menyediakan jurusan-jurusan yang paling banyak dicari di tahun 2020?

Berikut rangkumannya seperti dihimpun Kompas.com dari Rencanamu.id.

1. Teknologi Informasi

Jurusan di bidang Teknologi Informasi merupakan salah satu jurusan yang banyak ditawarkan oleh kampus-kampus di Indonesia baik negeri maupun swasta.

Kamu bisa memilih jurusan-jurusan di bidang Teknologi Informasi seperti di Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Indonesia, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Politeknik Negeri Bandung, Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik Negeri Semarang, Telkom University, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Teknologi Yogyakarta.

Selain itu, kamu bisa memilih jurusan-jurusan di Teknologi Informasi seperti di Binus University, Institut Teknologi Sepuluh November, Politeknik Negeri Manado, Politeknik Negeri Malang, Universitas Al-Azhar Indonesia, Universitas Brawijaya, UIT Makassar dan lainnya.

2. Akuntansi, Bisnis, dan Matematika

Tiga jurusan tersebut merupakan jurusan-jurusan populer di setiap kampus. Kamu bisa memilih jurusan-jurusan Akuntasi, Bisnis, dan Matematika di kampus-kampus seperti di Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran, Universitas Negeri Semarang, Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Universitas Sebelas Maret, Universitas Sumatera Utara, Universitas Hasanuddin, dan lainnya.

Kamu juga bisa memilih jurusan Akuntansi di beragam politeknik negeri di berbagai daerah di Indonesia. Kamu juga bisa memilih di kampus-kampus swasta seperti sekolah tinggi ekonomi, Universitas Trisakti, Universitas Yarsi, Universitas Katolik Atma Jaya, UIT Makassar dan lainnya.

3. Ilmu Kesehatan dan Psikologi

Jurusan di bidang Ilmu Kesehatan dan Psikologi banyak ditawarkan di kampus-kampus di berbagai daerah di Indonesia. Sama seperti jurusan Akuntansi, Bisnis, dan Matematika, jurusan Ilmu Kesehatan dan Psikologi.

Kamu bisa memilih kampus-kampus seperti di Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran, Universitas Negeri Semarang, Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Universitas Sebelas Maret, Universitas Sumatera Utara, Universitas Hasanuddin, UIT Makassar dan lainnya.

4. Desain Komunikasi Media

Jurusan Desain Komunikasi Media berada di naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Biasanya jurusan Desain Komunikasi Media di Departemen Ilmu Komunikasi.

Kamu bisa memilih jurusan-jurusan Desain Komunikasi Media di kampus-kampus seperti Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran, Institut Kesenian Jakarta, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Institut Seni Indonesia Surakarta, Institut Teknologi Bandung, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Medan, dan lainnya.

Untuk kampus swasta, kamu bisa memilih di kampus-kampus seperti Universitas Tarumanegara, Universitas Trisakti, Universitas Kristen Maranatha, Binus University, Sekolah Tinggi Desain Interstudi, UIT Makassar dan lainnya.

5. Teknik Hukum Guru

Jurusan Teknik Hukum Guru juga merupakan jurusan-jurusan yang populer yang ada di Indonesia. Kamu bisa dengan mudah mencari jurusan-jurusan Teknik Hukum Guru di kampus-kampus di Indonesia.

Kampus-kampus yang Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran, Universitas Negeri Semarang, Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Sebelas Maret, Universitas Sumatera Utara, Universitas Hasanuddin, dan lainnya.